makalah teknik penulisan karia ilmiah

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Menghadapi era globalisasi dan kompetisi sebagai konsekuensi tak terhindarkan dari proses itu menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Persaingan era global telah dipenuhi segala teknologi canggih. Hampir semua bidang memanfaatkan hal itu untuk mendapatkan hasil maksimal. Sayangnya, pendidikan kita belum memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut secara maksimal.

Harus diakui bahwa kualitas SDM Bangsa Indonesia dalam banyak bidang masih tertinggal dibanding dengan mereka yang berasal dari negara-negara maju. Institusi pendidikan dipercaya memiliki peran yang sangat mendasar dalam proses melahirkan kualitas SDM tersebut. Oleh karena itu, adalah tugas yang besar bagi institusi pendidikan di Indonesia untuk melakukan upaya-upaya terobosan dan progresif untuk meningkatkan kualitas tersebut, sebab jika tidak, SDM bangsa ini akan terus tertinggal. Kepentingan ini semakin mendesak mengingat dalam waktu yang tidak lama lagi, institusi pendidikan dari luar negeri dimungkinkan untuk diselenggarakan di Indonesia.

1.2 Rumusan Masalah

Pada makalah ini saya mengambil permasalahan mengenai bagaimana pemanfaatan dan pengembangan TIK sebagai sumber belajar?

1.3 Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah di atas maka makalah ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai pemanfaatan dan pengembangan TIK sebagai sumber belajar.

1.4  Batasan masalah

Pada pembahasan masalah teknologi informasi dan komunikasi ini, penulis berupaya dalam menjeelaskan secara detail dengan membatasi masalah-masalah sebagai berikut:

  1. Teknologi informasi dan komunikasi harus tetap ada dalam lingkungan pendidikan formal, non formal maupun informal.
  2. Perangkat yang digunakan dalam teknologi iformasi dan kom,unikasi adalh perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)

1.4 Manfaat

Makalah ini dibuat dengan harapan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa Teknologi Pendidikan mengenai materi pemanfaatan dan pengembangan TIK sebagai sumber belajar pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.

Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu pandangan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer / pemindahan informasi antar media.

2.2 Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sumber Belajar

Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan diberbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel

Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.

TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software.

2.2.1. Beberapa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Media Pembelajaran Di Sekolah

Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan 5 sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. contoh:

a. Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan.

b. Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.

c. Perbanyak memasukkan gambar dan animasi

d. Usahakan bentuk presentasi yang interaktif.

2.3 Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat ini Depdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besar -besaran.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Berdasarkan pada makalah yang telah penulis buat mengenai Pemanfaatan dan Pengembangan TIK Sebagai Sumber Belajar, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat digunakan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran.

A. Manfaat TIK sebagai media pembelajaran yaitu :

1. Presentasi

B. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat digunakan Sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran dari yang Konvensional sampai yang moderen berdasarkan klasifikasi dan jenis medianya. Tergantung bagaimana proses pembelajaran itu sendiri dan berdasarkan sarana dan prasarana yang tersedia pada masing masing sekolah / universitas.

Daftar Pustaka

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Prawiradilaga, Salma. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar Teknologi dan Informasi. Jakarta : Salemba Infotek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s